Pages

Senin, 06 Februari 2012

 Bandar Lampung, Jum’at  13 Januari 2012 gedung dekanat Fakultas Teknik Universitas Lampung dipadati oleh Mahasiswa dari berbagai Universitas di Lampung dan beberapa mahasiswa Teknik dari Universitas Bengkulu, Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya. Mereka adalah peserta dalam seminar daerah yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Rakorwil II FULDKT Lampung yang diselenggarakan oleh UKMF FOSSI FT Unila. Seminar Daerah yang mengambil Tema Explorasi Panas Bumi sebagai Sumber Energi Alternatif di Provinsi Lampung mengundang  Dr. Yunus Daud dari MITI dan Prof.  Dr. Suharno, B.Sc., M.S., M.Sc., Ph.D yang merupakan dosen teknik geofisika Universitas Lampung sebagai Pembicara.
Acara dimulai pukul 09.00 WIB dibuka dengan tarian Sigeh Pengunten oleh adik-adik dari SDIT Permata Bunda dan dilanjutkan peresmian pembukaan acara Rakorwil II FULDKT Lampung yang juga sekaligus membuka seminar Daerah oleh Bapak Bagus Sapto Mulyanto, S.Si, M.Si yang mewakili Pembantu Dekan III yang berhalangan hadir kala itu. Dalam kesempatanya Dr. Yunus Daud mengungkapkan bahwa potensi panas bumi (geotermal) merupakan salah satu potensi energi terbesar yang dimiliki Indonesia bahkan menjadi yang terbesar di dunia. Provinsi Lampung sendiri  mempunyai 10% dari potensi yang ada. “Panas bumi merupakan energi terbarukan yang ramah lingkungan, karena fluida panas bumi setelah diubah menjadi energi listrik akan dikembalikan ke bawah permukaan energi. Tetapi untuk eksplorasi panas bumi membutuhkan biaya yang sangat besar dan juga perspektif masyarakat yang beranggapan bahwa eksplorasi panas bumi dapat merusak kawasan hutan lindung disekitar area eksplorasi, padahal eksplorasi panas bumi hanya memanfaatkan sedikit area yang telah diperhitungkan mempunyai potensi geotermal yang besar”.ungkapnya. Senada dengan Dr. Yunus Daud , Prof. Suharno juga mengatakan bahwa Geotermal (panas bumi) sangat penting dikembangkan di Indonesia, dan Lampung merupakan salah satu tempat potensial untuk geotermal terkhusus di daerah Ulubelu, Tanggamus.
Beberapa peserta yang hadir mengaku puas dan sangat tertarik dengan materi yang disampaikan, mereka semakain menyadari bahwa sediaan energi saat ini makin berkurang dan tidak sebanding dengan kebtuhan akan energi yang semakin meningkat. Mereka berharap kedepan akan semakin banyak acara seminar yang mengambil tema serupa atau bahkan lebih dari ini untuk mengupas tuntas tentang problematika energi yang dihadapai bangsa saat ini dan menemukan pemecahan masalahnya.
Tri Wibowo yang merupakan wakil dari Ketua Pelaksana sekaligus sebagai Ketua Umum FOSSI FT Unila mengaku sangat senang dengan antusisme peserta seminar daerah terbukti dari banyaknya peserta yang hadir melebihi dari target yang telah ditentukan oleh panitia. “kami  sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara seminar daerah ini, terlebih kepada para pemateri Bapak Dr. Yunus Daud dan Prof. Suharno yang sudah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu kepada teman-teman di Lampung. Semoga Ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan kami mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan.” ujarnya

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers